Setelah Pakistan, Kini Giliran Menlu India Minta Dukungan China


GELORA.CO - Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar bertemu dengan Wakil Presiden China Wang Qishan di Beijing pada hari Senin (12/8) untuk memperkuat hubungan kedua negara.

Diwartakan ANI, Jaishankar, yang saat ini sedang melakukan kunjungan ke China untuk memimpin pertemuan India-China High Level Mechanism (HLM)  di bidang budaya dan pertukaran manusia.

Kunjungan dilakukan di tengah-tengah meningkatnya tensi antara India dan Pakistan. Di mana pada minggu lalu Pakistan menginsiasi untuk menangguhkan hubungan dagang dengan India terkait sikap India yang menghapuskan pasal 370 dalam konstitusi, yang menyebabkan Kashmir kehilangan otonomi khusus.

Dalam pertemuannya dengan Wang, Jaishankar mengatakan bahwa hubungan antara India dan China bisa menjadi stabilisator ketidakpastian kawasan.

"Pada satu waktu dunia lebih tidak pasti, kami percaya bahwa hubungan kita (India dan China) dapat menjadi faktor stabilitas kawasan,” terangnya.

Pernyataan tersebut seperti menunjukkan bahwa hubungan dengan India memiliki tendensi yang lebih besar dibandingkan dengan Pakistan.

Diketahui, sebelum Jaishankar, Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi juga mengunjungi Beijing untuk mendapatkan dukungan dari China dan dunia internasional. Kunjungan dilakukan pada hari Jumat (9/8) lalu.

Kunjungan Jaishankar ke China akan dilakukan selama tiga hari, mulai tanggal 11 hingga 13 Agustus 2019 untuk mempersiapkan pertemuan informal antara Perdana Menteri Narendra Modi dan Presiden Xi Jinping. (Rmol)

Belum ada Komentar untuk "Setelah Pakistan, Kini Giliran Menlu India Minta Dukungan China"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...