Sri Mulyani Pamer Kenaikan Rating Utang RI di Depan DPR


GELORA.CO - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati hari ini menghadiri rapat paripurna di gedung DPR RI. Dalam rapat ini, Sri Mulyani menyampaikan tanggapan pemerintah atas pandangan fraksi-fraksi DPR terhadap kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM PPKF) 2020.

Dalam kesempatan ini, Sri Mulyani tidak lupa untuk memamerkan pencapaian Indonesia atas rating utang terbaru dari lembaga pemeringkat S&P.

"Lembaga pemeringkat utang internasional S&P pada 20, bulan Mei lalu menaikkan peringkat rating utang Indonesia satu tingkat menjadi BBB dengan outlook stabil," ujar Sri Mulyani di Ruang Paripurna, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Menurutnya, pencapaian ini karena S&P melihat kondisi perekonomian domestik yang masih tumbuh stabil, meski ditengah tantangan global yang tidak mudah.

Selain itu, Sri Mulyani juga pamer capaian reformasi ekonomi yang telah dijalankan selama ini juga membawa perbaikan peringkat daya saing. Berdasarkan penilaian IMD World Competitiveness Yearbook (WCY), peringkat daya saing Indonesia naik 11 peringkat dari peringkat 43 di tahun 2018 menjadi peringkat 32 dunia pada tahun 2019.

"Pemerintah terus meningkatkan kewaspadaan menghadapi ketidakpastian global yang meningkat dan terus fokus memperbaiki daya kompetisi dan produktivitas ekonomi Indonesia melalui kebijakan investasi, perdagangan dan pembangunan infrastruktur serta perbaikan kualitas sumber daya manusia," jelasnya.

Selanjutnya, reformasi struktural dan kebijakan ekonomi untuk memacu investasi dan ekspor juga akan menjadi perhatian utama pemerintah untuk ke depannya. [cnbc]

Belum ada Komentar untuk "Sri Mulyani Pamer Kenaikan Rating Utang RI di Depan DPR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...