Sebarkan Isu Tak Percaya KPU, Ribuan Akun Medsos Diblokir


GELORA.CO - Polda Jawa Timur memblokir sekitar 2.500 akun media sosial (medsos). Ribuan akun ini diblokir karena menyebarkan berita atau postingan agar masyarakat tidak percaya kepada KPU dan pemerintah. Isu-isu itu dicurigai berpotensi menimbulkan kegaduhan di Facebook, Twitter, dan Instagram, periode Januari-April 2019.

“Menyikapi perkembangan hoaks terus-menerus tentang eksistensi dan legitimasi dari pelaksanaan pemilu, Polda Jawa Timur sudah melakukan intervensi terhadap akun-akun yang menyebarkan hoaks ini. Ada 2.500 akun,” kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kamis (9/5).

Menurut dia, pelakunya cukup sulit diidentifikasi. Sebab, kata dia, sebagian besar pelaku mengakses atau membuat akun dengan memanfaatkan wi-fi publik. Meski demikian, Polri akan selalu menindak tegas para pelaku penyebar hoaks agar tidak menciptakan kerusuhan di Jawa Timur.

Menurut Barung, dari mereka yang disebarkan adalah delegitimasi terhadap KPU, ketidakpercayaan, dan menyerang eksistensi pemerintah dengan akun-akun palsu. Barung mengimbau masyarakat berhati-hati dengan informasi hoaks. Selain itu, dia berharap masyarakat tidak mudah menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

“Kita harapkan masyarakat tidak usah lagi terpengaruh kepada situasi politik. Ingat saja bahwa ada legitimasi dari instansi yang sudah diberikan wewenang oleh undang-undang, yaitu KPU. Kita tidak ingin masyarakat terprovokasi,” jelasnya. [ns]

Belum ada Komentar untuk "Sebarkan Isu Tak Percaya KPU, Ribuan Akun Medsos Diblokir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...